EDUKASI LITERASI KEUANGAN RUMAH TANGGA BERSAMA TIM PKM PM FEB UB MELALUI PROGRAM FISION

Edukasi Literasi Keuangan Rumah Tangga Bersama Tim Pkm Pm Feb Ub Melalui Program Fision

Edukasi literasi keuangan wajib dipahami oleh semua kalangan masyarakat, termasuk ibu rumah tangga. Hal ini penting bagi ibu rumah tangga sebagai pengendali keuangan keluarga. Dengan pengelolaan keuangan yang baik dapat meningkatkan taraf hidup di masa depan.

Namun, masih banyak kalangan ibu rumah tangga yang belum peduli tentang literasi keuangan keluarga. masih terdapat kekeliruan yang dianggap sepele saat mengelola keuangan serta pengalokasian keuangan juga belum tersusun rata bobot pengeluarannya.

Maka dari itu, kelima mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menyelenggarakan sosialisasi Program Fision (Financial Alteration) di wilayah RT 04 RW 14, Bunulrejo, Kota Malang untuk memberikan wadah tempat berdiskusi, memberi masukan dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan rumah tangga.

Putri Ayu Mei Andini, Muhammad Denay Widyatama, Nelwan Satria Putra, Maulidatussa`adah Imron, dan Dimas Adam Farhansyah Haq didampingi oleh dosen pembimbing, Yenny Kornitasari, SE., ME. Berhasil menyelenggarakan program tersebut dengan sambutan hangat ibu PKK RT 04 RW 14 dengan pelaksanaan protokol kesehatan ketat.

“Melalui Program Fision, tim PKM PM FEB UB menyelenggarakan 5 rangkaian kegiatan, rangkaian pertama adalah sosialisasi pengelolaan rumah tangga, yang bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana seharusnya pemasukan keluarga dialokasikan serta cara memantau pengeluaran bulanan keluarga,” terang Maulidatus selaku penanggung jawab humas.

Rangkaian pertama dilaksanakan pada 25 Juni 2022 di balai posyandu RT 04 RW 14. Sebanyak 25 ibu PKK datang dan antusias mengikuti sosialisasi yang dipaparkan tim PKM PM FEB UB.

“Pertama-tama, kami membagikan beberapa pertanyaan pada kertas pre-test seputar keuangan keluarga, pemasukan, pengeluaran rutin, pinjaman, dan cara pengolahannya,” jelas Maulidatus.

Pre-test dibagikan sebagai tolak ukur pengetahuan ibu PKK mengenai literasi keuangan rumah tangga. Hasilnya diketahui bahwa pengetahuan ibu PKK masih tergolong rendah dengan persentase 40%.

diskusi dan sosialisasi membedah materi pengertian dan tujuan literasi keuangan, cara mengelola keuangan keluarga, dan mengenalkan tabel keuangan bulanan rumah tangga.

“Sengaja kami targetkan ibu PKK RT 04 RW 14 sebagai mitra utama program Fision. Sebab ibu rumah tangga sebagai pemeran penting pengatur keluar masuk arus keuangan keluarga. Oleh karena itu, setelah mendapat pemahaman baru diharapkan dapat mengelola dan mengontrol keuangan keluarga dengan baik.” Ungkap Maulidatus.

Menurut salah satu peserta sosialisasi, Tatik merasa terbantu dengan adanya kegiatan sosialisasi karena hal ini merupakan pengetahuan baru yang sesuai untuk ibu rumah tangga seperti dirinya.

Setelah rangkaian penyuluhan selesai, di penghujung kegiatan dibagikan post-test untuk kembali mengukur pengetahuan ibu PKK usai mendapat pemahaman ilmu keuaangan rumah tangga. Hasilnya memuaskan dengan capaian persentase 80%, meningkat 40% dari presentase pre-test sebelumnya. Hal tersebut menjadi bukti antusiasime dan keinginan belajar tinggi dari ibu PKK RT 04 RW 14.

About the author: kecblimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published.