Home / Beranda / SOSIALISASI SABER PUNGLI UNTUK KETUA RW

SOSIALISASI SABER PUNGLI UNTUK KETUA RW


Sahabat Sinam – digitalisasi pelayanan publik sebagai upaya meminimalisir terjadinya kontak langsung antara pelayan dengan masyarakat, sehingga pungutan liar alias pungli bisa dihindari, hal ini disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji pada sosialisasi saber pungli bagi Ketua RW se Kota Malang di Hotel Atria, Senin (25/11/2019).

“Sebetulnya pungli itu terjadi karena birokrasi yang ruwet, sehingga dengan penyederhanaan proses pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan mudah” ungkapnya.

Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut Walikota Malang menjelaskan bahwa para Ketua RW memiliki peran besar terhadap keberlangsungan pemerintahan, yang secara langsung berhadapan dengan kebutuhan masyarakat.

“Ketua RW menjadi perpanjangan tangan dari Pemerintah Kota Malang untuk memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Sehingga kehadirannya sangat penting bagi kami untuk dapat menjalankan roda pemerintahan” lanjutnya. Pesan beliau kepada para Ketua RW sebelum mengakhiri sambutanya, dengan harapan agar menyampaikan hasil sosialisasi kepada Ketua RT di lingkungan masing-masing. sehingga, bisa didapat pencerahan secara merata dan terwujudnya birokrasi yang cepat, mudah serta sederhana.


Sementara itu, Ketua Saber Pungli Kota Malang Kompol Ari Tristiawan menyampaikan tujuan dari sosialisasi ini ialah sebagai antisipasi risiko terjadinya tindakan pungli kepada para Ketua RW. Sebab, sejauh ini juga masih banyak yang belum mengetahui beragam tindakan yang masuk dalam kategori pungli.

“Kita galakan terus sosialisasi pungli ini, karena misi utama kami adalah pencegahan. Kalau sudah sosialisasi tapi masih yang melakukan, ya otomatis harus ada penindakan,” tandasnya.

Namun demikian, hal utama yang harus menjadi fokus dari tim Saber Pungli ialah dari sisi pencegahan. Melalui sosialisasi semacam ini, harapannya banyak yang memahami tentang mana tindak pungli atau bukan.

“Yang paling kita hindari itu kalau ada yang melakukan pungli, tapi sebenarnya mereka tidak menyadari atau tidak mengetahui bahwa itu tindakan pungli,” pungkasnya. (Bay)

About kecblimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

wilayah kecamatan blimbing jadi lokasi Bhakti IKAPTK (Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan) untuk Bagi 3000 Masker

Malang – Setelah diberi arahan dan dilepas secara resmi oleh Walikota Malang, ...