Home / Beranda / PROVINSI JAWA TIMUR GELAR RAPAT KOORDINASI 2019

PROVINSI JAWA TIMUR GELAR RAPAT KOORDINASI 2019

Rapat Koordinasi Jatim Tahun 2019 yang digelar hari ini di Hotel Grand City Surabaya

Rapat Koordinasi Jatim Tahun 2019 yang digelar di Hotel Grand City Surabaya Jumat (22/11/2019) beragendakan Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Rangka Mensukseskan Lima Prioritas Pembagunan Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Maju. Kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) 2019 di Sentul International Convention Center (SICC) beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kepada seluruh Kepala daerah yang hadir.

Dalam sambutannya, Khofifah berpesan kepada kepala daerah agar memastikan DIPA yang diterima tidak sekadar terkirim tapi sampai ke penerima manfaat, termasuk di dalamnya dana desa.

Dalam paparannya Khofifah menekankan ada lima prioritas program nasional, yang pertama pemerataan infrastruktur. Khususnya infrastruktur yang bisa mendukung pembangunan harus berseiring dengan Infrastruktur kebutuhan dasar, misalnya Elektrifikasi, Jambanisasi, Layanan Kesahatan, Layanan Pendidikan, Rumah Ibadah dan Layanan Sosial lainnya

“Pertama upaya pembangunan infrastruktur. Para Walikota / Bupati sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi. Targetnya tahun 2021 seluruh Jatim sudah terlistriki berbasis rumah tangga,” ucap Khofifah.

Prioritas kedua yaitu Pembangunan SDM yang ditopang oleh kuantitas dan kualitas Pendidikan, kesehatan dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Baik melalui penciptaan lapangan kerja maupun peningkatan keterampilan tenaga kerja

Dibidang kesehatan, disampaikan secara umum derajat kesehatan masakarat jawa timur terus mengalami peningkatan, tetapi kita masih harus bekerja keras untuk mengatasi stunting, air besih, TIBI, Katarak, sanitasi, jambanisasi, dsb

Selain dua prioritas prioritas program nasional tersebut, secara berurutan prioritas selanjutnya yaitu Pangkas yang hambat investasi, Revormasi Birokrasi serta Penggunaan APBN yang tepat sasaran.

Diakhir sambutannya Gubernur jawa timur berpesan agar seluruhnya selalu mengutamakan hubungan harmonis Tiga Pilar mulai dari Forkopimda, Forkopimcam sampai ketingkat kelurahan yaitu Lurah, Babinkamtibmas dan babinsa (Bay)

Wakil Walikota malang menerima DIPA 2020 dari Gubernur Jawa Timur

About kecblimbing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

wilayah kecamatan blimbing jadi lokasi Bhakti IKAPTK (Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan) untuk Bagi 3000 Masker

Malang – Setelah diberi arahan dan dilepas secara resmi oleh Walikota Malang, ...